Disclaimer : Dalam artikel ini saya berbicara tentang bagaimana saya menggunakan ponsel Android pribadi saya untuk menghasilkan sekitar puluhan ribu per hari (tanpa melakukan apa-apa), menggunakan satu aplikasi.
Apa yang dimaksud dengan Kerja sampingan/pasif income?
Ini dapat didefinisikan sebagai: “Uang yang Anda kumpulkan dari kegiatan, di mana Anda tidak memiliki keterlibatan aktif atau langsung.”
Menurut saya, secara pribadi, itu selalu tentang mengambil keuntungan dari pengetahuan saya untuk berpikir di luar kotak dan menghasilkan uang. Bagaimana saya bisa, sebagai seorang insinyur perangkat lunak menghasilkan uang dengan apa yang telah saya pelajari pada saat itu (sebaiknya tanpa benar-benar "harus melakukan apa pun").
Aku tahu, menarik kan?
Tempat
Saat itu tahun 2019. Saya masih di universitas, merangkak melalui tahun ke-3 gelar Sarjana Ilmu Komputer. Pada saat yang sama, saya juga melakukan magang di perusahaan otomasi pemasaran, yang berarti bahwa saya memiliki kelas yang lebih sedikit daripada semua semester sebelumnya, sehingga lebih banyak waktu untuk mempraktikkan pengetahuan saya.
Saya telah menggunakan komputer sejak usia sangat muda (dan terlalu banyak, terus terang). Meskipun demikian, mengenai pengembangan perangkat lunak, semua pengetahuan yang saya miliki terkait dengan bahasa tingkat rendah (C, perakitan), bahasa tingkat tinggi (Java, C#), membangun/mendesain aplikasi web dan beberapa pengetahuan dalam jaringan komputer. Oh, dan jelas dari tahun-tahun itu, banyak keterampilan "pencarian Google" 😏.
Artinya, saya tidak memiliki pengalaman sebelumnya dengan aplikasi seluler atau aplikasi Android secara umum.
penelitiannya
Jika Anda mencari di google "cara menghasilkan uang sebagai pengembang perangkat lunak" hasil teratas adalah salah satu opsi berikut:
a) mendapatkan pekerjaan
b) freelancing
c) menjadi guru online
Seperti yang saya sebutkan, saya sedang kuliah + magang. Mendapatkan pekerjaan sebenarnya bukan pilihan. Freelancing bisa jadi mungkin (tapi saya tidak "bebas" ). Menjadi guru online juga merupakan alternatif, tetapi akan membutuhkan banyak waktu saya. Selain itu, saya menginginkan penghasilan pasif dan harus bekerja untuk waktu yang lama adalah arah yang berlawanan dari itu.
Jadi, perubahan pemandangan yang cepat — ”cara menghasilkan pendapatan pasif sebagai pengembang perangkat lunak” — , menghasilkan hasil berikut:
a) membuat aplikasi sendiri dan menjualnya b) blogging
c) chatbots
Ini adalah ide-ide bagus dan semuanya jika, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Anda punya waktu luang. Plus, butuh waktu yang sangat lama untuk benar-benar mulai menghasilkan keuntungan.
Tidak, tidak… pasti ada cara lain… cara yang lebih cepat.
Ide
Pada tahun-tahun sebelumnya, saya telah mendengar dari seorang teman bahwa, banyak aplikasi mengklaim membayar Anda uang hanya dengan menonton iklan. Bayangkan, setiap kali Anda menonton video di YouTube, menjelajahi situs web berita atau bahkan menonton cerita di Instagram, dan sebuah iklan muncul… BAM… Anda mendapatkan 0,05$ (meskipun Anda dipaksa untuk menontonnya di luar kehendak Anda).
Ide mereka sederhana. Anda menonton iklan. Hanya alih-alih perusahaan menyimpan semua pendapatan untuk diri mereka sendiri, Anda juga mendapatkan potongan untuk "membantu" mereka. Dan Anda berkata:
“Yah. Jika sesederhana itu. Mengapa Anda tidak membuat aplikasi sendiri, mengisinya dengan iklan dan menggunakannya sendiri untuk menghasilkan uang? Apakah Anda seekor ayam ? ”
Yah… masalahnya, tentu saja, adalah: tidak sesederhana itu. Dari penelitian saya, pada saat itu, aplikasi yang tidak memiliki tujuan "nyata" dan hanya akan "menampilkan iklan" (dan tidak melakukan hal lain sebenarnya), setelah jangka waktu tertentu, berhenti menghasilkan uang untuk pengembang yang membuat aplikasi ini. Dan karena mereka akan berhenti menerima uang, mereka juga akan berhenti membayar kepada siapa pun yang menggunakan aplikasi mereka.
Masalahnya adalah: iklan terbatas. Satu "pengguna" hanya dapat melihat terlalu banyak. Jika mereka disalahgunakan (misalnya, di antara faktor-faktor lain, diawasi berkali-kali dari perangkat yang sama), pengembang aplikasi tidak menerima uang setelah jangka waktu tertentu. Mana yang masuk akal bukan? 🤔
Namun saya menemukan aplikasi yang mengikuti cara tanpa tujuan. Dengan memiliki aplikasi sederhana dengan satu tombol: Anda akan mengkliknya; menonton iklan; Dapatkan semacam poin; Anda kemudian akan menukarkan poin-poin itu dengan uang; dan voila. Keesokan harinya, Anda akan mendapatkan uang.
Setelah mencoba dengan beberapa aplikasi (yang memang membayar saya melalui PayPal dan, tentu saja, yang lain tidak), saya menyadari bahwa saya hanya perlu menemukan aplikasi yang tepat. Aplikasi tidak seperti ini, karena ini akhirnya mati 💀. Dan akhirnya, saya akan membuat semacam otomatisasi yang mensimulasikan "perilaku pengguna normal", untuk menghasilkan pendapatan pasif untuk diri saya sendiri.
Rencananya
Jadi saya melakukan pencarian… Saya punya ide, saya hanya perlu menemukan aplikasi yang tepat untuk mengajukan ide saya. Dan saya menemukannya!
Namun yang satu ini, memiliki pendekatan yang berbeda/menarik. Yang ini juga menghasilkan uang dari iklan (mungkin), dan juga akan memberikan koin dengan memainkan permainan matematika sederhana (yaitu, jika Anda memenangkan permainan).
"matematika?”
Ya, itu benar. matematika. Anda akan bermain melawan orang lain pada pertandingan 1v1 (dengan durasi 1 menit) dan siapa pun yang bisa menjawab 20 soal matematika lebih cepat akan memenangkan 4 poin. Ada juga mode permainan lainnya, tetapi saya akan tetap menggunakan yang ini di seluruh artikel.
Setelah mengumpulkan cukup poin, Anda dapat menukarnya dengan $real$money$ (mis.: 5000 poin akan menjadi $5 atau setara dengan 75rb ). Hanya saja, ada tangkapan. Aku tahu, mengejutkan kan?
Untuk memainkan game 1v1, Anda harus membelanjakan apa yang mereka sebut "tiket". Dan untuk memenangkan "tiket" itu, Anda harus memenangkan pertandingan. Sebuah lingkaran setan memang. Selain itu, ingat apa yang saya katakan sebelumnya tentang iklan? Pengembang masih perlu makan. Jadi, setelah permainan selesai, Anda akan memiliki iklan yang sangat menarik ☁️ menunggu Anda di sisi lain (dengan durasi lebih dari 30 detik sebagian besar waktu dan tombol untuk menutupnya yang hanya dapat dilihat melalui mikroskop).
Meskipun demikian, saya tidak membiarkan hal itu menghentikan saya. Oh, tidak Pak!
> “Pasti ada cara untuk menghasilkan setidaknya uang dari ini.”
Setelah memikirkannya sebentar dan melakukan beberapa perhitungan, saya menemukan sesuatu, yang akan saya jelaskan dengan fluksografi di bawah ini:
Jika saya menghabiskan 1 jam bermain (60 menit, yang setara dengan 60 game), saya akan membuat 4 kali lipat dari jumlah yang saya habiskan. Jadi, per 60 game, 60 x 4 = 240 koin. Maka saya perlu membeli lebih banyak tiket. Jadi, 240 - 100 = 140 koin. Ini berarti total: 140 koin per jam.
Karena saya membutuhkan 5000 koin untuk menarik $ 5 (diperlukan minimum), saya akan membutuhkan total 5000 / 140 = 35 jam (atau satu setengah hari) untuk membuat jumlah ini. Dan Anda harus berpikir untuk diri sendiri:
> “Hanya $5 selama 35 jam bermain game, berturut-turut? Bagaimana dengan iklannya? Itu juga butuh waktu! Kamu bahkan tidak mempertimbangkannya ... Apakah kamu bodoh? ”
Tunggu, tunggu, dengarkan aku… 😅
dua hal. Tentang iklan, Anda akan mengerti bagaimana saya menanganinya ketika saya membicarakan hal ini di bagian Alat. Mengenai hal kedua, yah… Anda tahu, ada juga papan peringkat harian di mana orang dengan jumlah permainan yang paling banyak dimenangkan (tempat pertama) juga akan memenangkan koin ekstra.
Dan… tentu saja, itu akan menjadi saya! 😏
Alat-alatnya
Agar rencana ini berhasil, saya hanya membutuhkan 2 alat khusus. Pertama, seperti yang saya katakan sebelumnya, iklan membutuhkan waktu lama (30 detik di antara setiap game), yang akan membuatnya, 35 jam akan berubah menjadi 52 jam, kira-kira. Jadi saya punya banyak pilihan:
1) Decompile aplikasi, singkirkan iklan dan kompilasi ulang lagi;
2) Setiap kali permainan berakhir, saya memulai ulang aplikasi;
3) Menggunakan pemblokir iklan.
pemblokir iklan saat itu.
Kedua, saya perlu membuat bot untuk melakukan semua langkah yang saya jelaskan dalam Fluxogram, tanpa harus benar-benar memainkan game-game itu (saya mungkin pandai matematika, tetapi saya tidak secepat itu; dan juga, saya ingin memastikan bahwa saya mendapatkan 4 koin itu setiap kali).
Blokada
Untungnya aplikasi ini tidak memiliki detektor pemblokir iklan. Jadi saya bisa menggunakan alat seperti Blokada untuk memblokir semua iklan yang masuk dan bermain game berulang-ulang… tanpa harus menonton satu iklan pun. Singkatnya, aplikasi ini berfungsi seperti VPN, yang membuatnya begitu, setiap kali permintaan meninggalkan aplikasi:
-Ini pertama kali masuk ke server Blokada;
-Dan kemudian, jika itu bukan iklan, itu memungkinkannya untuk melewati ke mana arahnya. Jika itu ... "Menurutmu ke mana, ugh?"
Automate
Sejauh ini, ini adalah alat terbaik yang saya temukan untuk membuat bot Android. Ini gratis, tidak memiliki iklan, memiliki komunitas pendukung yang indah, dokumentasi yang terstruktur dengan sangat baik, dan memiliki toolkit/variabilitas konfigurasi yang sangat besar untuk dimainkan. Saya terlihat seperti fanboy total pada saat ini. Bagaimanapun, di sinilah saya mulai membuat otomatisasi saya.
Sayangnya, saya tidak lagi memiliki aliran asli yang saya buat saat itu . Saya akan mencoba yang terbaik untuk menjelaskan "blok" yang saya gunakan, untuk melakukan otomatisasi ini. Perhatikan gambar di bawah ini:
Setiap bot atau "aliran" dimulai dengan "blok" bernama "Aliran Awal". Kemudian, Anda memiliki beberapa blok lain untuk dipilih, masing-masing dengan properti tertentu, tergantung pada apa yang ingin Anda capai. Tetapi berpegang pada yang paling sering saya gunakan, saya akan menjelaskan masing-masing secara individual: mulai aplikasi, berinteraksi, set variabel, dan untuk masing-masing.
Aplikasi Android disusun oleh "Aktivitas" dan aplikasi Start memungkinkan Anda memulai aplikasi pada aktivitas tertentu. Jadi bayangkan bahwa layar/jendela permainan 1v1 disebut “1v1Activity”, tetapi ketika Anda membuka aplikasi, Anda harus melalui “MainActivity” terlebih dahulu. Dengan blok ini, Anda dapat membuka aktivitas tertentu secara langsung dan memulai bot dari sana.
Selanjutnya, blok yang paling penting adalah berinteraksi. Seperti namanya, inilah yang digunakan untuk "berinteraksi" dengan antarmuka pengguna . Misalnya, ketika masalah baru muncul seperti:
Kita dapat memilih angka "54" dan "49", dan menggunakan set variabel untuk menyimpan hasilnya. Bagian keren tentang blok Interact adalah, ia menyediakan alat untuk memeriksa semua elemen dalam antarmuka dan mengembalikan XPath ke elemen, sehingga Anda dapat memeriksa atau mengkliknya.
Akhirnya, dengan untuk setiap blok, saya dapat mengulangi hasilnya (dalam hal ini 54 + 49 = 103) dan klik tombol "1", "0", "3" dan "Enter", dengan menggunakan blok Interact lagi.
Sesederhana itu!
Jika Anda tidak memahaminya, jangan khawatir, bagian terbaik datang berikutnya
Saatnya mengujinya
Sekarang saya sudah menyiapkan bot, sudah waktunya bagi saya untuk mengujinya. Lucunya, saya lupa memberi tahu Anda: aplikasi ini juga dilengkapi dengan "mode latihan", yang tidak memerlukan tiket untuk bermain. lucu banget kan? Benar? Benar? Nah… jika Anda tidak mendapatkan ironi dalam hal itu, izinkan saya untuk menjelaskan!
Anda tahu, agar saya menguji bot, jika mode ini tidak ada, saya harus menghabiskan tiket saya (agar saya bisa bermain game). Masalahnya adalah, bagi kami para programmer, jarang ada yang berhasil pada percobaan pertama. Akibatnya, saya akan membuang semua tiket saya hanya mencoba agar bot berfungsi. Namun, dengan ini, saya memiliki lingkungan pementasan 🎪!
Hasil
"Oke, tapi berapa banyak uang yang sebenarnya kamu hasilkan?"
Sebelum saya memberi tahu Anda berapa banyak uang yang saya hasilkan, izinkan saya memberi tahu Anda, pada akhirnya, itu bekerja seperti pesona! Dan rasanya sangat enak ketika itu terjadi 😍.
Saya akan: memeriksa sosial saya di pagi hari; Lanjutkan dan lakukan hari saya, biarkan ponsel saya dalam "mode jangan ganggu" sepanjang hari, jadi bot tidak akan terganggu (sialan kalian yang mengirimi saya pesan, saya mencoba menghasilkan uang di sini!); Mulai aliran dan itu akan terus dan terus bermain game, mengumpulkan koin; Akhirnya, ketika saya memiliki cukup koin, saya akan menukarnya dengan uang tunai. Keesokan paginya saya akan bangun, memeriksa paypal saya dan itu:
> “Anda telah menerima 5$”.
Sekarang bagian penting: Saya menghasilkan total sekitar $ 25 dalam satu minggu (5 hari). Semua hal dipertimbangkan, mungkin untuk menghasilkan lebih banyak lagi, jika saya membiarkan bot berjalan 24 jam—7 hari seminggu.
Saya berhati-hati dalam mencoba mempertahankan "perilaku pengguna normal", mencoba untuk tidak menyalakan bot untuk waktu yang lama dan membuat poin yang cukup untuk "menguangkan". Saya bahkan memperlambat bot, karena "berpuasa" dan memenangkan pertandingan hanya dalam beberapa detik. Masalahnya adalah saya tidak bisa melambat, karena orang lain juga menggunakan bot dan itu menjadi kompetisi— untuk melihat siapa yang bisa membuat bot mereka lebih cepat.
Pegang kuda… karena sayangnya, semua hal baik mungkin akan segera berakhir!
Tidak lama setelah mendapatkan pembayaran pertama, saya menerima email yang menyatakan sesuatu seperti ini:
> “Halo [Nama], saya [Nama], pemilik aplikasi Math Cash, dan saya telah mendeteksi beberapa perilaku mencurigakan di akun Anda. Harap berhenti menggunakan bot atau Anda tidak akan menerima pembayaran lagi mulai sekarang.”
Tentu saja saya bisa mencoba dan lebih berhati-hati, atau mendorong keberuntungan saya sedikit lebih lama, atau hanya membuat akun baru (ini berarti saya juga membuat akun PayPal baru). Meskipun memiliki opsi lain, saya memutuskan untuk berhenti. Pada akhirnya, prioritas saya telah berubah dan tujuannya bukan lagi “mencoba menghasilkan uang dengan menggunakan pengetahuan saya”, melainkan “mencoba mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang otomatisasi”.
Tamat :)